Hadist Kebersihan

النَّظَافَةُ مِنَ الْإِيْمَانِ

“Kebersihan adalah sebagian dari iman”

Perkataan ini muncul dan beredar melalui untaian kata-kata dan makalah-makalah bahwasannya ia merupakan hadits dari Nabi Shollalloohu ‘alayhi wa sallam. Namun, meskipun sedemikian populernya perkataan itu, dan begitu terbiasanya mulut mengucapkannya, perkataan tersebut sama sekali TIDAK BERSUMBER dari Nabi Shollalloohu ‘alayhi wa sallam.

Terdapat hadits yang mirip dengan perkataan itu, adapun lafadznya sebagai berikut:

وَالنَّظَافَةُ تَدْعُوْ إِلَى الْإِيْمَانِ وَالْإِيْمَانُ مَعَ صَاحِبِهِ فِي الْجَنَّةِ

“Dan kebersihan itu menyeru kepada keimanan, sedangkan keimanan bersama pemiliknya di dalam surga”

Hadits ini merupakan hadits yang LEMAH SEKALI, karena di dalam isnadnya terdapat Ibrahim bin Hayyan, dimana riwayat hidup (biografi)nya ditulis oleh Ibnu ‘Ady di dalam kitab Al-Kâmil, dan ia menyebutkan bahwa kebanyakan riwayat haditsnya maudhu’ dan munkar.

Dan cukup kiranya berpedoman pada nash-nash yang berkenaan dengan perintah, dorongan dan pujian terhadap kebersihan dan keindahan. Sebagaimana firman Alloh Subhanahu wa Ta’ala.

“Hai anak Adam, pakailah pakaianmu yang indah di setiap (memasuki) masjid” [QS. AL-A’ROOF: 31]

Begitu pula sabda Rosululloh Shollalloohu ‘alayhi wa sallam yang berbunyi:

إِنَّ اللّهَ جَمِيْلٌ يُحِبُّ الْجَمَالَ

“Sesungguhnya Alloh itu indah dan menyukai keindahan” [HR. MUSLIM]

Sesungguhnya Allah baik dan menyukai kebaikan, bersih dan menyukai kebersihan, murah hati dan senang kepada kemurahan hati, dermawan dan senang kepada kedermawanan. (HR. Attirmidzi)

Fitrah manusia itu ada lima yaitu dikhitan, mencukur rambut kemaluan, menggunting (merapikan) kumis, memotong kuku (kuku tangan dan kaki) serta mencabuti bulu ketiak. (HR. Al Bukhari)

1. Sesungguhnya Allah baik dan menyukai kebaikan bersih dan menyukai kebersihan murah hati dan senang kepada kemurahan hati dermawan dan senang kepada kedermawanan. Karena itu bersihkanlah halaman rumahmu dan jangan meniru-niru orang-orang Yahudi. {HR.Tirmidzi} Penjelasan: Orang-orang Yahudi suka menumpuk sampah di halaman rumah.
2. Suatu keharusan atas tiap orang muslim mandi dan memakai wewangian serta gosok gigi pada hari Jum’at.

3. Fitrah manusia ada lima yaitu dikhitan mencukur rambut kemaluan menggunting kumis memotong kuku serta mencabuti bulu ketiak.
4. Sesungguhnya banyak siksa kubur dikarenakan kencing maka bersihkanlah dirimu dari kencing.
5. Barangsiapa tidur dan tangannya masih berbau atau masih ada bekas makanan dan tidak dicucinya lalu terkena sedikit gangguan penyakit kulit maka janganlah menyalahkan kecuali dirinya sendiri.
6. Malaikat jibril terus-menerus berpesan agar aku menggosok gigi sehingga aku khawatir gigi-gigiku tanggal dan aku ompong tanpa gigi. {HR.Ath-Thahawi}
7. Wahai Abu Hurairah potonglah kuku-kukumu. Sesungguhnya setan mengikat kuku-kuku yg panjang. Penjelasan: Mengikat dgn sihir rayuan dan godaan.
8. Janganlah kamu kencing di air yg tidak mengalir kemudian kamu berwudhu dari situ.
9. Apabila seorang bersenggama dgn isterinya dan hendak mengulangi hendaklah dia berwudhu lbh dulu agar lbh segar pengulangannya.
10. Siapa yg mengenakan pakaian hendaklah dgn yg bersih. {HR.Ath-Thahawi}
11. Apabila seorang bangun tidur jangan langsung memasukkan tangannya ke dalam ember air sehingga mencucinya lbh dulu tiga kali. Sesungguhnya dia tidak mengetahui dimana tangannya bermalam atau dimana tangannya melayang. {HR. Abu Dawud}

1. attohuru satrul iman,, artinya kebersihan itu setengah dari iman (H.R. Ahmad)

2.al islamu nadifungfatanadufuw fainahu layadhulu janat ila nadi fun,, artinya: Islam itu bersih maka jagalah kebersihan (dirimu), sesungguhnya tidak masuk surga kecuala yang bersih. (H.R. Baihaqi)

3.inallahu taalataiyibu yuhibu tayibana tati fung yuhibu tato fata kariymun yuhibul karoma zawadu yuhibul zuwda….. artinya: sesengguhnya allah taala maha baik menyukai kebaikan maha bersi manyukai kebersihan, maha milia menyukai kemuliaian,, maha pemurah menyukai kedermawanan, maka bersihkan lah tempat2 mu… (H.R. Tirmizi)

4.hamsu minal fitrah: al isni hada dulhitanu qosusaribi natfulibti taqlmul adfari,,, artinya: lima fitrah (tabiat) yg bersih : mencukur rambut kemaluaan, brkhitan, menggunting kumis, mencabut bulu ketiak,mengerat(memotong) kuku.. (H.R. Ahmad)

5.asru minal fitrah : fasusaribi waigh fa ulhiyata wasiwaki walingsingsa qulma wakosul,,,, artinya : sepuluh fitrah (tabiat) yg bersih : menggunting kumis,memelihara janggut,bersiwak ( meggosok gigi), menghirup air ke hidung,memotong kuku,membasuh ruas jari2, mencabut bulu ketiak,mencukur bulu ari2,beristinja (H.R> Tirmizi)

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: